Tips Desain Interior Rumah Kontrakan

Ketika Anda ingin memulai bisnis rumah kontrakan, tentu harus terlebih dahulu membuat rancangan desain rumah kontrakan yang tepat, Sudah tahu desain seperti apa yang Anda inginkan? Dan sudah tahukan Anda interior rumah kontrakan seperti apa yang menjadi incaran pengguna era ini, tulisan ini mungkin bisa membantu menjawab pertanyaan itu.

Ilustrasi rumah kontrakan
Ilustrasi rumah kontrakan, sumber liputan6.com

Interior minimalis adalah diantara tren rumah kontrakan incaran banyak pengguna. Mini namun tetap memperhatikan aspek fungsionalitas dengan biaya terjangkau. Penggunan akhirnya mendapatkan rasa nyaman saat menempatinya serta rasa aman saat membayar sewanya. Berikut beberapa unsur yang harus di perhatikan agar pengguna merasa nyaman dengan eksterior maupun interior rumah kontrakan kita.

Fasilitas Interior Rumah Kontrakan

Fasilitas interior bisa di bilang daya jual dari bisnis kontrakan itu sendiri, karena dengan melihat ketersediaan fasilitas yang nyaman dan di butuhkan menjadi pertimbangan pertama bagi para calon pengguna, baru kemudian masalah biaya, lokasi yang strategis, jauh dari noise yang mengganggu dan pertimbangan yang sifatnya komplementer lainnya.

1. Tempat Tidur Nyaman

Berbicara soal kenyamanan memang setiap orang beda-beda standarnya, ada yang suka jenis tempat tidur gaya modern dengan alasan yang bervariatif dan subjektif tentunya, mulai dari tidak mau ketinggalan jaman atau sekedar mencoba hal baru. Ada yang suka tempat tidur yang bergaya klasik, bukan karena kampungan dan kudet tapi karena memang standar nyamannya seperti itu. Ingatan masa kecil, golden memori masa lalu bersama orang tertentu bisa juga mempengaruhi skala kenyamanan seseorrang.

Untuk memudahkan prosesnya Anda perlu membuat standarisasi tempat tidur nyaman dalam interior rumah kontrakan anda dengan memberikan fasilitas yang normalnya di perlukan untuk menunjang kepuasan dan kenyamanan pengguna, seperti kasur, bantal, fentilasi udara, pencahayaan matahari di pagi hari dan lampu di malam hari, dan beberapa aksesoris dinding untuk menambah nilai estetika kamar tidur.

2. Kamar Mandi Minimalis

Untuk menghemat tempat dan ruangan pendesainan kamar mandi dari interior rumah kontrakan harus benar-benar matang di rencanakan bahkan sebelum kontrakan itu sendiri di bangun. Anda bisa memposisikan kamar mandi di pojokan dekat dapur namun tetap memperhatikan sudut pandang yang pas, agar ketika keluar kamar mandi tidak terlalu menyita perhatian penghuni dapur.

Baca juga: Jenis-desain-interior-dapur

Anda juga bisa menggabungkan kamar mandi dengan WC dalam satu ruangan, namanya juga meminimalisasi tempat hehe, harapanya anda tidak perlu ruangan untuk melakukan dua aktivitas sekaligus dalam waktu bersamaan.

3. Tempat Masak

Selain tempat tidur yang nyaman dan kamar mandi dengan tampilan minimalis, Pengguna kontrakan juga membutuhkan interior rumah atau ruangan khusus untuk sekedar menyiapkan makanan, seperti mesak nasi, goreng telor, atau rebus mie. Walaupun terkadang ada juga pengguna yang tidak mebutuhkan itu. Artinya pengguna kontrakan anda adalah orang yang tidak suka memasak baik karena tidak bisa atau tidak ada waktu, sehingga lebih efesien menggunakan jasa go food untuk pembelian apa saja yang di butuhkan.

4. Ruangan Kerja dan Bersantai

Bagi pengguna yang memiliki bisnis atau pekerjaan yang tidak bisa dijalankan ketika ada gangguan dari anak atau anggota keluarga lain hal ini akan sangat menyusahkan pengguna dalam menjalanan aktivitas kerja dan kemungkinan memakai rumah kotrakan anda pun menjadi semakin kecil.

Ruang kerja sangat penting untuk para pengguna yang memiliki background pekerja
Ilustrasi ruang kerja, sumber: genpi.com

Pengguna juga perlu di fasilitasi untuk family time yang sifatnya santai, membicarakan tentang perencaan rumah tangga, dan rencana-rencana lain di masa depan.

Dan beberapa fasilitas lain yang dirasa perlu untuk memaksimalkan kualitas dan primanya interior rumah kontrakan anda oleh para pengguna pada pandangan pertama.

Kebutuhan Eksterior Rumah Kontrakan

Apa saja sih yang di butuhkan oleh pengguna dalam lingkungan luar rumahnya? terkadang penyedia jasa kontrakan suka melewatkan unsur yang satu ini, padahal pengguna itu bukanlah tahanan yang tidak di berikan akses gerak di luar dari kamar tidur, kamar mandi dan dapur semata. Walaupun di sel penjara juga tidak ada fasilitas itu, hehehe.

Info berikut mungkin bisa membantu anda dalam menyiapkan perencanaan eksterior prima yang sangat membantu anda meningkatkan nilai jual dari bisnis rumah kontrakan Anda.

1. Halaman Kontrakan

Hal ini kelihatan sepele namun siapa yang menyangka dengan adanya halaman, kontrakan anda aka terlihat lebih memikat di mata calon pengguna, halaman kontrakan bisa mereka manfaatkan untuk menanam aneka bunga dan tumbuhan rumahan lainnya, terkadang bagi pengguna yang hobi menanam sayuran dan buah sendiri mereka mengincar kontrakan dengan halaman yang sedikit lebih luas untuk melancarkan hobinya.

Halaman kontrakan meningkatkan value kontrakan anda
Ilustrasi halaman rumah kontrakan, sumber: arafuru.com

Pada waktu yang sama selain interior rumah kontrakan di maksimalkan setting pencahayaannya rumah kontrakan juga perlu halaman luar (eksterior) yang mendapatkan cukup sinar matahari khususnya sinar matahari pagi dan sore.

2. Saluran Air

adalah saluran untuk menyalurkan air pembuangan dan/atau air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan. Selokan umumnya terdapat di pinggir jalan, didesain untuk mengalirkan kelebihan air hujan dan air permukaan dari jalan raya, tempat parkir, sisi jalan, dan atap.

Besarnya selokan dihitung atas dasar curah hujan tertinggi, aliran air buangan ataupun air tanah (khususnya didaerah pegunungan), ataupun dari waduk untuk mengalirkan air keperluan irigasi. kalau kekecilan dapat mengakibatkan air dari selokan meluap keluar dari selokan bahkan dapat mengakibatkan banjir. Hal ini yang harus di antisipasi oleh Anda ketika hendak membangun bisnis kontrakan.

Ingat, eksterior rumah kontrakan penting sama halnya dengan interior rumah kontrakan, jadi lengkapi kedua hal ini sebelum anda membangun bisnis kontrakan. Semoga info ini bisa membantu pembaca sekalian dalam merancang desain awal dari rumah kontrakan yang ekonomis dan juga di perebutkan oleh calon pengguna karena fasilitasnya.

Leave a Comment