6 Cara Jitu Marketing Bisnis Interior untuk Menggaet Pelanggan

Bisnis interior adalah salah satu bisnis yang cukup digemari sampai saat ini. Karena itu, tidak heran jika banyak orang mulai terjun untuk menjalankan jenis bisnis tersebut. Namun sayangnya, terkadang faktor promosi atau marketing menjadi kendala dan berujung dengan bisnis yang terpaksa berhenti. Oleh sebab itu, sebagai seorang pebisnis interior, Anda harus tahu bagaimana cara marketing yang tepat untuk menggaet pelanggan.

Marketing merupakan salah satu elemen penting pada sebuah bisnis, tak terkecuali bisnis interior. Karena cara marketing yang dilakukan, akan memberikan pengaruh pada perkembangan bisnis interior yang akan atau sedang dijalankan.

Lebih jauh, marketing juga memiliki peran krusial dalam membangun branding perusahaan agar dapat bersaing dengan bisnis lainnya. Tanpa marketing yang tepat dan menarik, bisnis properti berpotensi mengalami kegagalan.

Cara jitu melakukan marketing bisnis interior, Sumber: insider.gr
Cara jitu melakukan marketing bisnis interior, Sumber: insider.gr

Bagaimana Cara Marketing Bisnis Interior yang Tepat? 

Karena begitu pentingnya peran marketing dalam dunia bisnis, sudah selayaknya para pemilik usaha interior mencari cara terbaik dalam mempromosikan bisnisnya. Nah, yang menjadi pernyataan sekarang adalah apakah Anda mengalami kesulitan dalam mempromosikan bisnis interior?

Jika Anda salah satunya, mungkin dari berbagai cara marketing untuk bisnis interior di bawah ini bisa diaplikasikan sesuai kebutuhan bisnis interior Anda.

1. Memahami Target Pasar

Mengenali dan memahami target pasar bisnis Anda secara spesifik menjadi cara marketing yang paling utama. Karena bagaimanapun, mereka lah yang nantinya akan menjadi sasaran produk atau layanan interior Anda. 

Apabila Anda tidak mengenali dan memahami, bisa saja layanan yang ditawarkan tidak sesuai dengan harapan konsumen. Sebaliknya, jika Anda sudah mengenali target pasar dengan baik, maka Anda juga bisa dengan mudah mengetahui produk atau layanan apa yang tengah dibutuhkan oleh konsumen. 

Cara mudah memahami target pasar adalah dengan melakukan survey keseluruhan terhadapnya. Melalui survey tersebut, Anda akan mengantongi informasi penting mengenai apa yang diinginkan konsumen. Dari situlah, Anda bisa memasarkan usaha interior dengan lebih mudah dan efektif. Karena sudah tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

2. Memberikan Penawaran Harga Terbaik

Memberikan penawaran harga sesuai dengan kualitas yang akan didapatkan oleh konsumen adalah cara marketing bisnis interior yang baik. Anda bisa saja memberikan penawaran harga terjangkau, karena hal tersebut tentu banyak diminati. Tetapi konsumen tentu juga akan mempertimbangkan kualitasnya terlebih dahulu.

Namun meskipun begitu, jangan pula memberikan penawaran harga terlampau mahal. Apalagi dengan jaminan kualitas yang kurang. Berikan penawaran harga yang masuk akal, wajar, dan terbaik namun Anda bisa memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan kualitas yang didapatkan. Karena seperti halnya kata pepatah “ada harga, ada kualitas”.

Memberikan penawaran harga terbaik, Sumber: which.co.uk
Memberikan penawaran harga terbaik, Sumber: which.co.uk

3. Pemasaran Word of Mouth

Sesuai dengan namanya, cara marketing bisnis interior satu ini dilakukan dengan cara promosi mulut ke mulut. Artinya, cara ini dilakukan dengan cara mempromosikan layanan interior Anda kepada konsumen secara langsung.

Apabila konsumen tertarik dan puas dengan layanan interior yang diberikan, mereka akan memberitahu atau merekomendasikan bisnis interior Anda kepada konsumen lain. Konsumen itulah yang nantinya berpotensi menggunakan layanan interior yang ditawarkan.

Cara marketing satu ini juga begitu dibutuhkan dengan tujuan agar bisnis interior yang sedang dijalankan dapat dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga dengan begitu, akan mendapatkan lebih banyak konsumen potensial.

4. Mengoptimalkan Strategi Digital Marketing

Seperti yang kita tahu, saat ini strategi digital marketing begitu berkembang pesat. Dari perkembangan itulah, Anda bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis interior yang sedang jalankan.

Nah, apa itu digital marketing? Secara sederhana, digital marketing adalah jenis pemasaran yang mempromosikan produk atau layanan dengan memanfaatkan media digital. Sebut saja seperti media sosial, website, email, google, dan sejenisnya. 

Mengapa digital marketing? Karena dengan memanfaatkan digital marketing, Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Hal ini tentu saja karena hampir sebagian besar orang terhubung dengan internet setiap harinya. Di samping itu, digital marketing juga memungkinkan Anda mempromosikan bisnis interior dengan biaya relatif bersahabat jika dibandingkan dengan marketing tradisional.

Dari berbagai keunggulan itulah dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan peluang lebih besar dalam menggaet konsumen. Apalagi saat ini sudah banyak jasa digital marketing berpengalaman yang dapat membantu mengembangkan bisnis interior Anda. 

Mengoptimalkan strategi digital marketing sangat cocok diaplikasikan untuk berbagai jenis bisnis interior, termasuk apabila Anda memiliki jasa kitchen set yang baru akan berkembang. Hal ini tentu akan menjadi cara marketing interior yang baik dan tepat.

Mengoptimalkan strategi digital marketing, Sumber: hipwee.com
Mengoptimalkan strategi digital marketing, Sumber: hipwee.com

5. Memilih Tempat Strategis

Di samping marketing secara digital atau online, marketing secara offline juga perlu dipertimbangkan. Salah satu caranya yaitu dengan memilih tempat untuk menjalankan usaha yang strategis. Untuk mendapatkan tempat strategis jelas harus melakukan survey terlebih dahulu.

Anda dapat memilih lokasi yang ramai atau mudah diakses oleh publik. Biasanya lokasi-lokasi yang dekat area perkantoran atau pusat kota adalah puncak keramaian, sehingga bisa menjadi pilihan tepat. Tetapi pastikan bahwa tempat tersebut memenuhi aspek kenyamanan dan layak dijadikan sebagai tempat usaha interior Anda.

Lokasi-lokasi strategis dan mudah dijangkau publik seringkali memang dibandrol dengan harga relatif mahal. Namun hal tersebut akan sebanding dengan profit usaha yang akan didapatkan. Karena jika semakin banyak orang melihat, mengetahui, dan mengenal usaha interior Anda, maka semakin besar pula potensi Anda mendapatkan konsumen dan keuntungan.

6. Menciptakan Hubungan Baik dengan Pelanggan

Selanjutnya, menjalin dan menciptakan hubungan baik dengan pelanggan juga bisa menjadi cara marketing bisnis interior yang tepat. Langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menciptakan hal tersebut adalah dengan memberikan pelayanan terbaik.

Karena jika pelayanan yang diberikan asal-asalan dan seenaknya sendiri, tentu saja konsumen juga akan malas menggunakan produk atau jasa interior Anda. Selain itu, bentuk pelayanan yang baik juga bisa ditunjukkan dengan menerima semua saran, masukan, dan kritik dari konsumen.

Dengan cara seperti itu, mereka akan merasa dihargai dan dapat menjadi bekal improve untuk usaha interior agar lebih berkembang. Menciptakan hubungan baik dengan pelanggan juga bisa dilakukan melalui pemberian reward, atau diskon kepada mereka. Percaya atau tidak, pemberian reward-reward sederhana akan membuat konsumen menjadi pelanggan yang loyal. 

Jika sudah begitu, mereka akan kembali menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda. Bahkan mereka juga akan mengajak orang lain untuk ikut menggunakan produk atau jasa dari bisnis interior Anda.

Menciptakan hubungan baik dengan para konsumen, Sumber: inc.com
Menciptakan hubungan baik dengan para konsumen, Sumber: inc.com

Itulah beberapa cara marketing yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis interior. Dari berbagai cara marketing tersebut, dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan bisnis interior.

Atau bisa juga dikolaborasikan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Semoga informasi ini dapat memberikan insight bagi Anda yang mungkin sedang mengalami kebuntuan dalam mencari cara untuk mengembangkan jasa interior atau bisnis interior.

Leave a Comment